26.4 C
Bandar Lor
Sabtu, April 13, 2024

Wakil Rektor III Memberikan Apresiasi Dalam Pembukaan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar

LP2M Corong- LP2M Corong menggelar acara Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD), turut berpartisipasi mahasiswa baru Sejumlah 30, menjadi peserta dari Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) dan 5 peserta dari delegasi Kampus Universitas Darul Ulum (UNIPDU) Jombang, acara yang bertempat di aula KH. Mahrus Aly.

Acara Pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari, Mulai dari hari ini, Selasa (8/10) sampai hari Kamis lusa. Materi Yang disajikan seputar dasar-dasar ilmu jurnalistik, Mulai dari sejarah pers PPMI dan elemen jurnalistik, Artikel, opini, esay, cerpen, puisi, novel, analisis wacana hingga teknik kepenulisan berita.

Terkait tema yang diusung, “Mengawali Perubahan Melalui Pers Mahasiswa di Era Asimetri”. Direktur LP2M Corong, Rohimin sempet menyinggung bahwa tema tersebut diangkat karena berangkat dari ide Temen-temen dari mahasiswa yang ikut dalam Lp2m corong yang sadar bahwasanya media sosial sudah ikut andil dalam kehidupan manusia saat ini,

Baca Juga:  Tiga Pemateri Bedah Buku Ternama di Hadirkan BEM I, Mahasiswa TRIBAKTI Berbondong-Bondong Hadir

“Era Asimetri yang dimaksud disini adalah peperangan Media. Mungkin dulu sebelum Era sekarang Yang disebut industri 4.0, orang-orang berperang menggunakan pedang, meriam, senjata tajam maupun api. Namun sekarang orang-orang berperang menggunakan media dan Itu sudah tidak aneh lagi bahkan sudah seharusnya orang-orang sudah seharusnya mengikuti Itu untuk Mendapat wawasan Yang luas”, Ungkapnya.

Sehingga, ia berharap dengan adanya PJTD ini, khususnya mahasiswa Tribakti yang menjadi peserta, lebih melek terhadap Media, wacana dan lebih mampu menangkal hoax yang ada di media

Mengenai Hal tersebut, menuai apresiasi dari Ali Imron selaku Wakil Rektor III mengungkapkan, “Kecerdasan intelektual Itu menjadi bagian sangat penting yang dituntut untuk berintegrasi dengan kahazanah media pers”, ungkapnya.

Baca Juga:  Danau Biru Cigaru Cisoka : Bekas Tambang Yang Disulap Jadi Tempat Wisata

Era industri yang luar bisa maju saat ini hampir seluruh perangkat fasilitas hidup masyarakat menggunakan media IT. Sampai warung kopi pun menyediakan Media hot-sport, dalam artian seluruh kehidupan manusia bergantung kepada Media IT.

“Makanya saya sangat berharap dengan adanya Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar ini mampu menghadirkan kelompok-kelompok intelektual yang kritis, transformatif dan modern, Yang mampu mengadakan media online sebagai formula dasar mengambang dunia jurnalistik modern”, lanjutnya.

 

 

 

 

Reporter: Indah

Editor  : Yeyen

 

Mungkin Terlewat

Stay Connected

15,334FansSuka
1,332PengikutMengikuti
7,578PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Trending