Lp2m.Corong-memperingati hari lahir ke – 14 lp2m corong adakan talk show dengan teman “peran pers mahasiswa di era millenial” di aula mahrus aly  ( 24/01).

acara terbuka umtuk umum, di mulai tepat pukul 11.00 WIB sesuai dengan pamflet yang  telah disebar. di hadiri oleh peserta dari dalam maupun luar Tribakti, tamu undangan yakni UKM dan RKM Tribakti,LPM wilayah Kediri dan sekitarnya serta Rektor I IAI Tribakti selaku tamu kehormatan.

Turut mengundang  saudara Arwina S.H ( Divisi Litbang LP2M Corong 2019-2020) selaku moderator dan Ahmad Nahrowi S.H (Pimpinan Umum Pers Mahrusy dan kontributor NU Online ) selaku pemateri yang akan mengisi sekaligus yang memeriahkan  acara talk show siang hari ini.

Acara di buka oleh saudara alfi dan wahyu sebagai pembawa acara yang akan memandu jalannya Dies Maulidiyah pada siang hari ini. Susunan acara meliputi pembukaan, sambutan-sambutan, persembahan, dan terakhir talk show yang merupakan acara puncak pada siang hari ini.

Sambutan pertama oleh Dewi Masyitoh selaku ketua pelaksana, sambutan kedua oleh Huna Nurul Naeni selaku Direktur LP2M Corong, dan terakhir sambutan dari Rektor I yakni bapak Dr. H. Badrus, M. Pdi. Beliau menyamaikan pesan terkait fungsi pers mahasiswa sebagai berikut ;

Fungsi Pers
1. Sebagai Media Informasi

Fungsi pers di Indonesia yang terpenting yaitu sebagai media informasi. Informasi inilah yang membuat masyarakat bisa menentukan kehidupannya lewat kebijakan maupun keputusan sederhana yang diambil dalam sehari-hari.

2. Fungsi Pers sebagai Media Pendidikan
Fungsi pers di Indonesia berikutnya yaitu sebagai media pendidikan. Pendidikan yang dimaksud bukanlah pendidikan formal, melainkan instruksional. Melalui pers, masyarakat bisa memperoleh kritik dan saran untuk kepentingan bersama.

Baca juga  Pelatihan Desain Website Berbasis Jurnalistik Tekankan ATM, (Amati, Tiru, Modifikasi)

3. Fungsi Pers sebagai Media Hiburan

Tentunya, hiburan yang disajikan oleh pers tetap pada aturan yang telah dibuat.

Jika sifat hiburan tersebut mendidik dan netral tentunya diperbolehkan. Namun kalau melanggar nilai agama, HAM, moral, atau peraturan lain tentunya tidak diperbolehkan.

Fungsi pers di Indonesia sebagai media hiburan ini untuk mengimbangi berita berat, di mana hal ini juga menjadi kebutuhan dasar manusia bahwa hiburan juga diperlukan dan harus dipenuhi. Nah, untuk memperoleh hiburan ini, bisa melalui radio, televisi, YouTube, dan lain sebagainya.

4. Fungsi Pers sebagai Media Kontrol Sosial
Pada hal ini maksudnya adalah bahwa pers memiliki fungsi untuk mengontrol, mengoreksi, mengkritik sesuatu yang sifatnya konstruktif, artinya adalah sesuatu yang membangun bukannya merusak.

5. Fungsi Pers sebagai Lembaga Ekonomi

Tak hanya sebagai media informasi, pers juga merupakan lembaga ekonomi. Maksudnya di sini adalah, bahwa media massa tidak hanya bertujuan untuk menghidupi penerbit media massa sendiri, tetapi juga untuk meraup keuntungan atau bisnis.

Dilanjutakan dengan persembahan berupa tarian oleh saudara Ayu Citra Maidita yang menambah kemeriahan acara.

Terakhir di tutup dengan doa oleh pembawa acara, kemudian memasuki  puncak acara yakni talk show yang di pandu oleh moderator

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *