29 C
Bandar Lor
Selasa, April 16, 2024

Ramuan untuk Menciptakan Kondisi Terbaik

Ciptakan kondisi terbaikmu setiap saat

“Dua puluh tahun lagi Anda akan lebih merasa kecewa dengan hal-hal yang tidak Anda lakukan daripada yang telah Anda lakukan. Jadi buanglah tali pengaman Anda. Menjauhlah dari tempat kenyamanan Anda. Berlayarlah mengikuti arah angin. Jelajahi. Bermimpilah. Temukanlah.” – Mark Twain (1835-1910)

Kondisi terbaik merupakan kondisi yang sangat didambakan oleh setiap orang. Ketika badanmu sehat, pikiran jernih cemerlang, emosi stabil. Hal itu dapat membuat kamu senang, dapat bekerja dengan efesien dan efektif.
Rindukah dengan kondisi terbaikmu? Kapan terakhir kali kamu berada dalam kondisi terbaik? Berapa lama momen itu berlangsung dalam hidupmu? Apa kamu ingat?
Simon Tyler dalam bukunya ‘The Keep It Simple Book’ membuat semacam ramuan agar kamu bisa tetap dalam kondisi terbaik setiap saat. Berikut ramuannya :

Baca Juga:  Keseimbangan mental di Era Hektik

1. Sadari bahwa pilihan hidup ada ditanganmu

Yah, hidup itu pilihan. Kamu mesti menyadari ini, sadari terhadap Pilihan-pilihan hidupmu. Hidupmu kamu sendiri yang menentukan pilihannya, bukan orang lain. Yang mengendalikan atas tubuhmu, pikiranmu adalah dirimu sendiri bukan orang lain. Reaksimu terhadap sesuatu itu pun kamu yang memutuskan. Jangan selalu merasa menjadi korban atas keadaan yang kamu hadapi. Simon Tyler menyarankan agar kamu bersikap netral.

2. Sadari siapa dirimu ketika dalam kondisi terbaikmu

Menyadari siapa dirimu ketika dalam kondisi terbaikmu. Apa yang kamu rasakan saat seperti itu? Keadaannya bagaimana Temukan sedetail-detailnya apa yang menuntunmu bisa dalam kondisi tersebut.

3. Ciptakan konteks yang dapat membawamu selalu berada dalam kondisi terbaik

Baca Juga:  Keseimbangan mental di Era Hektik

Simon Tyler memberi saran dalam bukunya “The Keep It Simple Book”, ia mengambil pelajaran dari seorang ahli bernama kate Duffy. Ambillah pena lalu menulislah diatas kertas atau ambillah Smart phone atau laptopmu ketiklah tanpa jeda setidaknya kurang lebih tiga menit. Cobalah untuk melengkapi kata-kata berikut : ” saya berada dalam kondisi terbaik saat…”

Sering-seringlah untuk refleksi diri, dan temukan ramuan apa yang muncul dan cocok untukmu. Mengkaji ulang. Luangkan waktumu untuk membenahi, menambah, mengurangi, dan menyesuaikannya satu-persatu agar kamu bisa menciptakan kondisi terbaikmu. Semoga bermanfaat.

Penulis : Jamalulel

Editor : Muhammad Afwan

Mungkin Terlewat

Stay Connected

15,334FansSuka
1,332PengikutMengikuti
7,578PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Trending