29 C
Bandar Lor
Selasa, April 16, 2024

Proklamsi Kemerdekaan Indonesia

Oleh: Muhammad Alfi Syahri

Pada tahun 1945 atau sekitar 74 tahun yang lalu, indonesia di jajah oleh tentara-tentara luar, pada masa itu semua gerak-gerik rakyat indonesia seperti belajar formal ataupun non formal yang diawasi oleh para penjajah, seakan-akan mereka inginkan rakyat indonesia itu bodoh.

Sebelum Ir. Soekarno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, terdapat juga tokoh-tokoh penting di belakang bangsa, seperti para kelompok pemuda indonesia yang terbagi dalam beberapa organisasi.

Para pemuda mendesak kepada Ir. Soekarno untuk segera memproklamasikan kemerdekaan indonesia. Selain pemuda, terdapat juga tokoh pahlawan yang rela membela Negara Indonesiadengan mempertaruhkan nyawanya demi kemerdekaan, yaitu para kiyai yang tersebar di beberapa daerah, ia rela berkumpul disuatu tempat, memusyawarohkan kemerdekan Indonesia.

Baca Juga:  Sambut Harlah Tribakti Ke 52 BEM I Agendakan Lomba Tilawatil Qur'an Se Kediri

Kemudian pada tanggal 17 agustus 1945, indonesia resmi merdeka dengan cara diumumkan oleh presiden indonesia, yaitu Ir. Soekarno dalam bentuk teks yang ditandatangani olehnya, pada tanggal 17 Agustus 1945.

Meskipun indonesia sudah merdeka, tapi nyatanya rakyat indonesia masih seperti dijajah dalam hal prekonomian yang menjadikan prekomian indonesia menurun, itu menjadi penyebab utama kenapa indonesia menjadi Negara yang tidak maju dan berkembang.

Bahkan rumah-rumah, dan perkebunan yang digusur hanya untuk kepentingan pribadi ataupun orang-orang yang tidak bertanggung jawab, dan itu mengatasnamakan pemerintahan.

Mungkin Terlewat

Stay Connected

15,334FansSuka
1,332PengikutMengikuti
7,578PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Trending