Test Of English as a Foreign Language atau sering disebut TOEFL (Test Bahasa Inggris sebagai bahasa asing) pertama kali dibumingkan oleh lembaga di Amerika Serikat, nama lembaga tersebut ialah ETS (Educational Testing Service).

 TOEFL sendiri adalah bagian dari tes kemampuan bahasa Inggris bagi penutur asing (non bahasa Inggris) yang sertifikatnya diakui di ribuan institusi pendidikan dan industri di 90 negara.

Toefl juga menjadi salah satu syarat pengajuan beasiswa dalam negri maupun luar negri, ataupun persyarayan kerja di berbagai perusahaan. Terlebih saat ini Tes TOEFL diperlukan untuk persyaratan masuk kuliah pada hampir semua universitas di Amerika Serikat dan Kanada yang kemudian juga bagi mahasiswa yang mendaftar ke universitas Eropa dan Australia. Tes ini berlaku diseluruh program akademik, baik program undergraduate (S-1) maupun graduate (S-2 atau S-3).

“Dalam Toefl secara umum tes akan menilai beberapa aspek”.

Pertama Mahasiswa mempunyai kemampuan menulis dan tata bahasa yang baik dalam bahasa Inggris agar mampu membuat tulisan ilmiah.

Kedua Mahasiswa mempunyai kemampuan membaca bahasa Inggris dengan baik dan benar agar nantinya bisa memahami buku-buku materi yang diwajibkan.

Pelatihan Toefl BEM I Tribakti Lirboyo Kediri
Pelatihan Toefl BEM I Tribakti Lirboyo Kediri

Ketiga Mahasiswa mempunyai kemampuan mendengarkan dengan baik dan benar mengenai uraian yang diberikan dosen dalam bahasa Inggris.

Pada umumnya tes ini memakan waktu sekitar dua sampai tiga jam dan diselenggarakan dalam 4 bagian, yaitu bagian:

  • grammar structure and written expression
  • listening comprehension
  • reading comprehension
  • writing

maka dari itu, apabila berkeinginan untuk mengukur kemampuan dalam bahasa Inggris, kini bisa memperolehnya dengan mengikuti Pelatihan yang akan di selenggarakan BEM Institut Agama Islam Tribakti.

Dalam hal ini, BEM I kembali hadir dalam rangka mengajak dan menyelenggarakan pelatihan Toefl yang akan langsungkan pada tanggal 13-14 Februari 2020, bersama dengan Pemateri yang tidak diragukan lagi yakni Mr Ari Hakim Ketua Forum Kampung Bahasa (FKB) Pare Kediri. Semua materi diatas dapat dipelajari bersama dalam sesi pelatihan tersebut yang berlangsung selama dua hari. Selamat Mencoba dan Semoga Sukses.

 

Writted By Rohimin

Baca juga  Degradasi Progresivitas Mahasiswa Pasca Runtuhnya Era Fasisme (Orde Baru) ; Kemana Lagi Arah Mahasiswa?
Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *