LP2M.Corong-Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Agama Islam (IAI) Tribakti mengadakan Madrasah Riset Agraria (MRA), berlokasikan di PONPES AL-Idris, Desa Banyudono, Kec. Ponorogo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Selasa (07/01)

Acara berjalan pada pukul 09.20 Wib  yang dipimpin langsung oleh Bintarol Ilma Selaku Panitia MRA, terlihat KH. Habib sekaligus Pengasuh pondok pesantren Al-Idris hadir di tengah-tengah acara berlangsung.

Gambar Oleh Rohimin
Pembukaan kegiatan MRA yang berlokasikan di PONPES AL-Idris Kabupaten Ponorogo Jawa Timur/LP2M.IAI-tribakti.ac.id/rohimin

Menurut M. Zamroni selaku Ketua Pelaksana MRA menyatakan “Madrasah ini sengaja kami adakan, karena sudah semakin menjamurnya Oligarki di bumi kita, kerusakan kondisi ekologi yang semakin tidak terelakan akan mengancam sumber daya alam (SDA) yang ada di indonesia, oleh sebab itu kami dari panitia menyuguhkan Madrasah ini agar kiranya teman-teman mahasiswa, baik yang ada di kalangan Jatim dan luar Jatim saling menjaga kekayaan alam kita”, tutur Zamroni selaku ketua pelaksana.

“Kami berharap dengan adanya ini,kita sebagai manusia lebih mempererat hubungan kita dengan alam, kita sebagai mahasiswa yang layak tau peta  dinamika yang ada di negara kita ini, negara yang kaya dengan sumber pangannya, dengan SDA nya. Oleh sebab itu kita seharusnya menjaga yang kita miliki, bukan merusak apalagi pengeksploitasi terus menerus setiap hari”, lanjutnya.

Menurut Khozin Maulana Selaku Presiden Mahasiswa (Presma)  mengkonfirmasi kepada reporter corong, kegiatan MRA akan berlangsung selama satu minggu dan dengan teknis akan bagi 2 sesi. Sesi pertama adalah materi yang ditempuh selama dua hari, sedangkan sesi kedua, akan ditembuh selama 4 hari terakhir dan akan terfokus untuk terjun lapangan untuk langsung melakukan reset di beberapa titik.

“Ada 3 titik yang terkena dampak dari pihak korporasi yang akan kami datangi, bertempatan di Kabupaten Ponorogo dan akan kita bagi di beberapa titik di daerah tersebut”, tutur Khozin selaku presma.

Baca juga  Adu Kreativitas dalam Ranah Pendidikan, Gebyar Tarbiyah Ajak Mahasiswa Hingga Anak TK

Menurut KH. Habib selaku pengasuh Ponpes Al-Idris dalam sambutannya menuturkan bahwa, “Saya sangat welcome tehadap teman-teman mahasiswa yang hadir dari berbagai penjuru ini, saya sangat mendukung penuh dengan adanya pelatihan yang di suguhkan di PONPES ini, saya sangat senang dengan hadirnya kalian disini, pelatihan yang di usung juga sangat berkualitas, dengan mengkaji soal Agraria berarti akan mengjkaji lingkungan yanga ada di Ponoroho ini, semoga ilmu yang di kaji bisa bermanfaat dan menjadi manusia yang lebih bermanfaat bagi manusia yang lainnya”, Pungkasnya.

MRA ini akan menjadi bekal kalian mendatang, berbicara soal riset jelas berhubunga dengan kegiatan mahasiswa, maka dari itu seriuslah dalam belajar di kesempatan kali ini. Semoga dengan madrasah ini kalian akan lebih peka terhadap linkungan, kondisi ekonomi dan pastinya menyoal tentang agraria lebih mendasar.

 

Reporter: Rohimin
Editor: Yeyen

 

Kiriman serupa

1 Komentar

  1. Andaikan saja bisa bisa mengikuti acaranya sampai selesai..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *