Penyebab kebakaran hutan di Indonesia pada dasarnya memiliki dua penyebab yaitu kebakaran yang disebabkan oleh faktor alam dan juga faktor manusia. Namun sebagian besar kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia belakangan ini disebabkan karena ulah dari manusianya sendiri. Hal ini tentunya sangat memprihatinkan jika mengingat Indonesia dahulu merupakan paru-paru dunia karena sebagian besar hutan dunia ada di Indonesia. Sedangkan dampak dari kebakaran hutan sendiri bukan hanya merugikan Indonesia, akan tetapi negara-negara tetangga pun ikut dirugikan akibat tercemarnya udara.

Penyebab kebakaran hutan yang disebabkan oleh faktor alam dipicu oleh berbagai hal, salah satunya adalah sambaran petir. Sambaran petir dapat menimbulkan percikan api yang dapat menyammbar ranting dan dedaunan. Cuaca ekstrim juga dapat menimbulkan kebakaran hutan misalnya musim kemarau berkepanjangan yang dapat membuat hutan kehabisan stok air dan pohon-pohon pun mengering dan lambat laun akan terbakar karena panas yang berkepanjangan.

Sedangkan ketika tahun 2008,  kebakaran hutan di Indonesia 99% diakibatkan karena ulah oknum-oknum yang tak bertanggung jawab. Oleh sebab itu tak heran kebakaran hutan di Indonesia terjadi di setiap tahun. Berbagai aktifitas manusia yang dapat menimbulkan kebakaran hutan seperti membuka lahan dengan cara membakar hutan, ilegal loging dan tak ada perhatian terhadap lingkungan hutan di Indonesia baik dari pemerintah maupun masyarakat. Tentunya jika hal ini dibiarkan tanpa adanya perhatian dari berbagai pihak maka Indonesia dalam beberapa tahun ke depan bukan lagi negeri yang kaya akan flora dan faunanya karena jelas semuanya akan mati dilahap si jago merah.

Kebakaran hutan yang diakibatkan oleh ulah manusia bukan hanya dapat terjadi karena faktor kesengajaan akan tetapi faktor ketidak sengajaan pun dapat memicu kebakaran hutan. Beberapa hal yang tidak disengaja tetapi dapat menimbulkan kebakaran seperti membuang putung rokok sembarangan, membiarkan api unggun tetap hidup saat ditinggalkan, membakar sampah. Hal ini perlu diperhatikan bagi para penggiat aktifitas outdoor dan juga pecinta alam serta masyarakat sekitar hutan agar dapat menjaga kelestarian hutan dengan cara meminimalisir aktifitas yang dapat menimbulkan kebakaran hutan. Beberapa hutan telah menjadi korban akibat keteledoran manusia misalnya saja Gunung Muria dan Gunung Sindoro.

Baca juga  Dinamika Pendidikan Dalam Lingkaran Covid 19

Penyebab kebakaran hutan juga bisa terjadi karena adanya kebakaran yang terjadi di bawah tanah atau yang biasa disebut ground fire. Ground fire dapat terjadi pada lahan gambut dan uap panas yang ditimbulkan bisa menyebabkan vegetasi diatas tanah juga ikut terbakar. Kebakaran jenis ini dapat terjadi hanya pada musim kemarau panjang.

Penanggulangan bencana kebakaran memang sudah seharusnya di awali dengan mengetahui penyebab-penyebab utamanya. Selanjutnya hanya perlu tindakan dari pihak yang berwajib untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tetap berhati-hati agar hutan tetap terjaga. Hal tersebut juga harus dibarengi dengan tindakan tegas dari kepolisian agar tidak sungkan-sungkan menghukum oknum-oknum yang dapat menyebabkan kebakaran. Hal ini harus dilakukan agar pelaku jera dalam melakukan tindakannya.

Oleh : Nurul Amalia (Wartawan)

Mahasiswi PAI (III)

 

 

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *