25 C
Bandar Lor
Rabu, Februari 21, 2024

Pelatihan Hari Ke-2, Berorientasi Menumbuhkan Semangat dan Jiwa Jurnalis Sejati

Lp2m.Corong-Semangat dan antusias mahasiswa dalam mengikuti Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD), menuaikan kesan serta motifasi menjadi jurnalis sejati.

Berlangsungnya acara tepat pukul 11.00 Wib menjadi pelatihan hari kedua, Rabu 09/10, Pjtd ini diselenggarakan oleh Lembaga Pers dan Penelitian Mahasiswa (LP2M) Corong dan bertempat di aula Mahrus Aly kampus Institut Agama Islam Tribakti (IAIT).

Dengan mendatangkan Kholisul Fatikin selaku pemateri Sastra dari media Kediripedia yang sempat menjadi Sekretaris Djendral (Sekjen) Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) Dewan Kota Tulungagung dan Heru Setiawan selaku pemateri Analisis Wacana (Anwac) dari Peneliti Muda di Intitut for Javanese Islam Research (IJIR) bahkan sempat juga menjadi Pimpinan Redaksi (Pimred) Priode 2014-2015 Lp2m Corong.

Baca Juga:  Menyoal Isu Wacana “Budaya Lokal, Wisata Halal Dan Syari'ah” ; Eksistensi Pancasila Dipertanyakan

Pada pelatihan hari kedua, Peserta banyak mendapatkan pengalaman dan kesan dalam mengikuti pjtd kali ini, “Pembelajarannya menyenangkan apalagi kalo belajar sambil nyemil,banyak ilmu yang didapat dipjtd kk,karna ilmu yang saya dapat tidak semuanya ada di ruang belajar saya,dan paling penting lagi saya punya keluarga baru, temen baru, pengalaman baru dan wawasan baru”, tutur Huna Nur Aini selaku peserta pjtd.

“Pokoknya mantul bangetlah kak,terimakasih banyak telah mengadakan acara pjtd ini”, lanjutnya

Sempat pula, Ayu salah satu peserta Pjtd mengungkapkan, “Kalo untuk kesan materinya sih seru kak, pematerinya pun juga tidak membosankan, cara menyampaikan materinya juga mudah dipahami, karena pematerinya itu tidak hanya menjelaskan didepan dan bisa beradaptasi sama pesertanya jadi tidak membosankan”, tutur novi peserta pjtd dalam mengungkapkan kesanya.

Baca Juga:  Terobosan Baru! BEM Fakultas Syariah Resmikan Forum Diskusi

Dalam materi Sastra, pemateri lebih banyak membahas terkait Feature, yaitu tentang berita soft news dan hard news. Feature itu menggunakan bahasa sastra, akan tetapi berita soft news, lebih banyak mengandung wawasan Jika kita membaca beritanya dan 5 tahun kedepan itu masih enak dibaca. Karena beritanya mengandung wawasan, dan itu sangat berbeda dengan hard news hard news yang lebih ke berita langsung (Straight News).

Pemateri tak melulu menyampaikan materi yang disampaikanya dihadapan peserta pjtd, sempat kami (Reporter Lp2m corong) mengkonfirmasi Novi selaku peserta berucap, “Kalo dari pemateri yang kedua itu motifasinya belajar terus, jangan pernah berhenti dan jangan biarkan perempuan itu terus terbelakangi laki-laki, karena dalam mencari ilmu itu perempuan sama, baik laki” dan perempuan hak nya sama intinya begitu”, ucapnya.

Baca Juga:  P3M Uji Kematangan Tugas Akhir Mahasiswa; Skripsi dan Tesis Melalui SEMINAR

 

 

 

 

 

Reporter: Anam

Editor: Yeyen

Mungkin Terlewat

Stay Connected

15,334FansSuka
1,332PengikutMengikuti
7,578PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Trending