Apa Kabar KTM

Oleh : Ghost Writer

Kasih sayang dan toleransi adalah kartu identitas orang Islam.

KTM adalah kartu Identitas Mahasiswa.

Tiga tahun telah berlalu, namun kami masih menunggu kabar hantu, “KTM” yang tak kunjung temu, begitulah diksi yang menggelitik perut ku. Memang begitulah keadaanya, bermula dari angkatan 2016 hingga kini sampai angkatan 2019 Kartu tanda mahasiswa IAI Tribakti tak kunjung memberi kabar. Lalu bibir sahabatku berceloteh seolah tanpa rem, ktm kui penting tibak e rek, aku arep njileh buku nang perpustakaan ndekwingi kae gak sido gara-gara ora ndue ktm, jadi aku nggak sido moco buku seng tak pingini, kate tuku nggak ndue duek misan wkwkwk.

Ucapan dengan bahasa jawa dan nada yang sangat medok itu sempat membuatku tertawa terkejang-kejang, namun dilain sisi aku merasa kasihan padanya, karena hambatan yang ia alami. Sempat terlintas dikepalaku, memang seberapa penting sih kartu tanda mahasiswa ini, kok sampai jadi buah bibir para mahasswa khususnya mahasiswa semester tujuh sekarang, lalu aku mulai mencoba mencari jawaban di beberapa website. Dan pada akhirnya aku menemukan beberapa jawaban mengenai pentingnya si kotak dengan beberapa coretan yang bermaksud menunjukan identitas diri yakni KTM.

Gambar di ambil dari Google
Gambar di ambil dari Google

Seiring berkembangnya zaman kini Kartu Tanda Mahasiswa sudah menjelma menjadi kartu yang multifungsi, beberapa hal tersebut sempat membuat saya pribadi tercengang, namun begitulah fakta yang kini tersuguhkan, dimana kini kita sudah tak lagi canggung dan tidak lagi aneh dengan kemajuan tehnologi yang serba digital ini.

Kini ktm dapat digunakan sebagai persyaratan peminjaman / rental seperti VCD/DVD, buku dan sarana peminjaman lainnya, sebagai bukti bahwa pemilik kartu identitas tersebut berstatus aktif sebagai mahasiswa, dapat juga di aktifkan menjadi tiket elektronik untuk transfortasi khusus kota yang memiliki trasnsportasi umum, daktifkan menjadi kartu debit ATM pada bank yang bersangkuttan (mandiri /bri dll), Sebagai salah satu syarat untuk mendaftar kejuaraan perlombaan atau kompetisi lainnya, salah satu syarat untuk mmengajukan beasiswa atau pengajuan administrasi lainnya. Dan satu syarat pembuatan pasport mahasiswa/pelajar, terakhir adalah sebagai syarat prosesi wisuda.

Baca juga  Cegah Radikalisme Dengan Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila

Mungkin paparan diatas adalah beberapa jelmaan fungsi dari ktm bagi mahasiswa, setidaknaya paparan diatas menanagkal anggapan kartu identitas mahasiswa hanya sekedar formalitas belaka, dan tidak hanya merujuk pada kepentingan bahwa dirinya adalah mahasiswa.

Lalu saya coba bertanya kepada salah satu korban keterlambatan dating bulan ini, ehhh maksudnya korban antrian panjang menunggu ktm, dia adalah Arwani mahasiswa berasal dari Karawang jawa barat, keluhan hatinya terkait keterlambatan ktm keluar hingga kini blm terobati, dia mengatakan dalam bahasa sastra yang tidak semua mahasiswa tau kecuali orang yang faham bahasa sunda wkwkwk, “aing era’ anjir, masa’ sakolot iyeu teu boga ktm, pernah aing ka perpus kota, ndek nginjem buku, ehhh ternyata teu bisa ari hente make ktm, ktp nteu berlaku kecuali penduduk asli kediri”. Begitulah curhatannya dalam bahasa sastra yang sangat dalam itu hhh.

Lantas pertanyaan ku pun mulai bermunculan, mengapa hingga kini ktm tak kunjung keluar? Apakah pihak kampus tidak memperdulikan hal ini? Atau memang kampus tidak becus mengurus ini? Atau mungkin tidak ada anggaran dana untuk membuat ktm? Ahhh entahlah aku tak berani untuk mempertanyakanya, aku takut namaku tercatat dalam buku hitam dan terhisab karena dikira tidak sopan kepada birokrat kampus heheh.

Tapi yang saya tahu, ktm memang tugas daripada staf administrasi kampus, untuk dana pun saya yakin ada, atau jika meminta ke mahasiswa untuk di tindak lanjuti pun para mahasiswa tidak akan merasa keberatan, karena ktm bagi mereka penting untuk di cetak. Dan sarana untuk masuk ke kampus-kampus besar seperti UGM, UI dll.

Mungkin kini yang bisa saya lakukan hanyalah berdoa sembari menunggu hikmah dari tuhan, berharap agar ktm bisa terbit dan bisa mempermudah jalanya mahasiswa dalam beraktivitas, dan mengejar impiannya melalui beasiswa. Karena salah satu administrasi yang harus dilengkapi untuk mengajukan beasiswa adalah ktm.

Baca juga  ETIKA MAYORITAS DALAM BINGKAI PLURALISME

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *